RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan                   : SMP YAYASAN PUPUK KALTIM
Kelas / Semester                      : VII / I
Mata Pelajaran                         : IPA
Tema                                       : Objek IPA dan Pengamatannya
Sub Tema                                : Objek IPA dan Pengamatan
Pertemuan ke                           : I (Pertama)
Alokasi                                                : 3 X 40 Menit
 

A.     Kompetensi Inti

1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur,disiplin,tanggung jawab,peduli (toleransi,gotong royong),santun,percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (factual,konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi,seni,budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba,mengolah dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,mengurai,merangkai,memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,membaca,menghitung,menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar

1.1      Menggagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan tuhan tentang aspek fisik dan  kimiawi,kehidupan dalam ekosistem dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1  Mewujudkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu,objektif,jujur,teliti,cermat,tekun,hati-hati,bertanggung jawab,terbuka,kritis,kreatif,inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
3.1   Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri,makhluk hidup dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi serta pentingngnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran.

4.1   Menyajikan hasil pengukuran terhadap besaran-besaran pada diri,makhluk hidup dan lingkungan fisik dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku.
C.     Indikator Pencapaian

1.      Menjelaskan tiga komponen keterampilan proses ; pengamatan,inferensi dan komunikasi
2.      Menjelaskan kegunaan mempelajari IPA
3.      Menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA

D.     Tujuan Pembelajaran

1.      Siswa dapat menyajikan hasil pengamatan,inferensi dan mengkomunikasikan hasil.
2.      Siswa dapat menjelaskan tiga komponen keterampilan proses ; pengamatan,inferensi dan komunikasi.
3.      Siswa dapat menjelaskan kegunaan mempelajari IPA
4.      Siswa dapat menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA.

E.     Materi Ajar

Pengamatan terhadap benda-benda sebagai salah satu bagian IPA,artinya sejak awal siswa dikenalkan bahwa IPA tidak sekedar kumpulan teori tetapi karya kerja keras manusia.
Tiga langkah kunci dalam proses pengembangan IPA (metode ilmiah) yaitu melakukan pengamatan,mengiferensi dan mengkomunikasikan.
Pengamatan untuk mengumpulkan data dan informasi dan panca indera atau alat ukur yang sesuai. Kegiatan inferensi meliputi merumuskan penjelasan berdasarkan pengamatan, untuk menemukan pola-pola,hubungan-hubungan serta membuat prediksi.
Hasil dan temuan dikomunikasikan kepada teman sejawat baik lisan maupun tulisan. Yang dikomunikasikan termasuk data yang disajikan membentuk table,grafik,bagan dan gambar yang relevan. Tiga keterampilan kunci yaitu melakukan pengamatan,mengiferensi dan mengkomunikasikan inilah yang harus dilatihkan secara terus menerus dalam pembelajaran IPA.

F.      Metode Pembelajaran

1.      Pendekatan                  : Scientific
2.      Metode            : Diskusi dan eksperimen
3.      Model                          : Discovery Learning

G. Alat dan Bahan serta Sumber Pembelajaran
-          Alat dan bahan            : Objek (teman sejawat) dan lingkungan sekitar
-          Sumber Pembelajaran : Buku pegangan siswa, sumber lain yang relevan
H. Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
-          Guru melakukan stimulasi dengan meminta siswa untuk mengamati teman sebangku dan menyampaikan hasil pengamatannya.
-          Guru menyampaikan tujuan dan manfaat mempelajari IPA

2.      Kegiatan Inti
-          Siswa mengamati percobaan dan mencatat hasil kerjanya
-          Siswa mempersentasikan dan mendiskusikan hasil yang diperoleh
-          Siswa membuat kesimpulan dari hasil percobaannya
3.      Penutup
-          Guru membimbing dan mengarahkan siswa untuk kesimpulan
-          Guru memberikan tes
I.       Penilaian proses dan hasil belajar

-          Teknik       : Penilaian sikap, tes unjuk kerja, tes tertulis
-          Bentuk       : Lembar pengamatan sikap dan rubrik, tes penilaian kerja, tes uraian
-          Instrumen  :
a.        Lembar Pengamatan Sikap
1.       Pengamatan Perilaku Ilmiah
No
Aspek yang dinilai
3
2
1
Keterangan
1
 Rasa ingin tahu (curiosity)




2
Ketelitian dan kehati-hatian dalam melakukan percobaan




3
Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok




4
 Keterampilan berkomunikasi pada saat belajar






v  Siswa dikatakan baik apabila memiliki Nilai > 78
Rubrik Penilaian Perilaku

No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1.
Menunjukkan rasa ingin tahu
3:  menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam   dalam kegiatan kelompok
2: menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
1: tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok  walaupun telah didorong untuk terlibat
2.
 Ketelitian dan hati-hati



3.      mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, hati-hati dalam melakukan percobaan
 2:   mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
 1:    mengamati hasil percobaan sesuai prosedur,  kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
3
 Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
3:  tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2: berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
1: tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
4
Berkomunikasi
3:   aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
2:   aktif dalam tanya jawab,  tidak ikut  mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
1:   aktif dalam tanya jawab,  tidak ikut  mengemukaan gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat siswa lain

Mengetahui                                                                                                      Bontang, 10 Juli 2014
Kepala Sekolah,                                                                                               Guru Bidang Studi,



Suroto, S.Pd.                                                                                                    Ahmad Rachmanto,S.Si
NPK. 9600171                                                                                                 NPK. 0300243











LEMBAR KERJA
TIAP  KELOMPOK
No
Nama siswa (yang mengamati)
Mengamati teman sejawat  
Pria
Wanita
1



2



3



4



5



dst







































0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright 2010 A H M A D K I M SMP YPK
Lunax Free Premium Blogger™ template by Introblogger