Kemarin masak ini nih, Soto Pekalongan, atau kalau di daerahku (ya di Pekalongan sih maksudnya) di sebut dengan Tauto. Kali karena salah satu bumbunya menggunakan tauco, maka disebut demikian. O,iya aku prefer pakai tauco Pekalongan atau tauco Cianjur bikinnya, hanya itu yang pas dilidahku. Makanya kalau kita pulkam, nggak bakalan lupa beli stock tauco Pekalongan. Trus satu lagi ya, yang asli, dagingnya pakai daging kerbau instead of daging sapi.
Dulu, ada satu tukang tauto langganan keluarga kami yg enak, yaitu tautonya pak Mustaram, letaknya di belakang pasar Banjarsari (ex Pasar Sentiling, nggak tahu sekarang masih ada pa enggak, pulang Januari kemarin nggak sempat ke sana, lewat dpn pasarnya aja, dan ternyata dah banyak berubah). Soto ini enak dimakan bersama lontong, tapi kalau nggak ada lontong, pakai nasi juga oke. Kalau mo nyobain ini nih resepnya.

Soto Pekalongan (Tauto)

Bahan :
Daging sapi (kalau aslinya sih daging kerbau) + jerohan (usus, jantung, babat , dll).
Note : Dipostingan kali ini pakai daging sapi tanpa jerohan.

Bumbu:
Bawang merah
Bawang putih
Merica
Kemiri
Cabai merah yang udah di rebus sebentar (kalau perlu buang dulu bijinya biar nggak pedas, toh ntar ada sambalnya juga)
Haluskan semua bumbu di atas.

Taoco
Kecap

Pelengkap :
So’on, rendam air panas sebentar
Daun bawang & seledri, iris tipis
Cabai rawit, rebus , haluskan, beri kuah soto sedikit ==> sbg sambal
Bawang goreng

Cara memasak:
1.Didihkan air, masukkan daging yang sudah dicuci, rebus sampai cukup lunak
2.Angkat daging, tiriskan, potong2 menurut selera (sekitar 1,5cm x 1,5 cm)
3.Panaskan minyak goreng, tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai baunya harum, tambahkan taoco, tumis sampai taoco benar2 masak.
4.Angkat bumbu yang sudah ditumis, masukkan ke dalam air rebusan daging tadi, masukkan juga daging yang sudah dipotong2 tadi. Biarkan mendidih, tambahkan kecap secukupnya.
5.Tambahkan gula merah/gula pasir sedikit, garam secukupnya.
6.Cara menghidangkan : Soto ini enak dimakan dengan lontong atau nasi. Jadi iris2 lontong, letak dalam mangkuk, beri so’on secukupnya, daun bawang & selederi iris, guyur dengan soto, taburi bawang goreng. Siap deh di makan, tambah krupuk? Pasti lebih enak. Sambalnya yang cabai rawit rebus tadi ya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright 2010 A H M A D K I M SMP YPK
Lunax Free Premium Blogger™ template by Introblogger